Advertisement

Masalah Prostat
Image

Masalah Prostat 4 Oktober 2009


Sama seperti wanita, pria juga satu saat akan mengalami ”menopause”. Pada pria disebut Andropause. Andro dari bahasa grika berarti Pria, dan pause = stop, mungkin artinya stop jadi pria

Saat seorang pria mulai menua, level hormon testosteron (hormon pria) menurun dan konversi testosteron menjadi estrogen (estradiol) meningkat. Pada awal andropause gejala yang dirasakan biasanya adalah kehilangan gairah sex, energi yang menurun, lemas, depresi, dll. Apabila disaat yang sama dimana terjadinya penurunan testosteron dan hormon wanita yaitu estrogen naik terlalu tinggi maka akan muncul berbagai permasalahan antara lain penyakit yang berhubungan dengan prostat.

Keseimbangan hormonal sangat penting, dan ada baiknya untuk diingat, karena ketidak seimbangan inilah yang memicu berbagai problem kesehatan. Ada beberapa faktor yang dapat mengembalikan keseimbangan hormonal tadi diantaranya:

  1. Faktor 1 Pola makan dan gaya hidup. Gaya hidup yang selalu kami anjurkan yaitu NEWSTART akan sangat membantu mencegah ketidak seimbangan hormonal. Pola makan memegang peran yang sangat penting, sebagai contoh konsumsi alkohol akan sangat mengganggu keseimbangan hormonal tadi.

  2. Faktor 2 Kegemukan/ obesitas. Kegemukan akan meningkatkan estrogen dan menurunkan level testosteron, ini kondisi yang paling harus dihindari. Usahakan dengan segala cara agar jangan sampai gemuk.

  3. Faktor 3 Hati/ Liver adalah organ yang akan mengeluarkan dan membuang estrogen, dengan demikian kesehatan hati yang optimal harus dijaga. Kita sudah pernah membahas detoxifikasi hati dalam berbagai kesempatan, silahkan dilihat kembali bila perlu.

Apakah prostat?

Prostat adalah suatu organ kelamin pada pria berupa kelenjar yang terletak di bawah kantung kemih dan mengelilingi saluran uretra. Fungsinya adalah sebagai penghasil cairan semen yang menjaga agar sperma tetap hidup.

Ada tiga masalah/ penyakit yang umum pada organ prostat ini:

  1. Prostatitis ( disebut juga infeksi prostat)

  2. Pembesaran prostat benign prostatic hyperplasia (BPH) / Pembesaran Prostat Jinak (PPJ).

  3. Kanker prostat.

Bagi pria dibawah 50 tahun, masalah yang paling umum adalah prostatitis.

Pria diatas 50 tahun, masalah yang paling umum adalah Pembesaran Prostat Jinak (BPH), sementara kanker prostat juga lebih berisiko kanker prostat, walaupun tidak terlalu umum.

Menurut data di Amerika, lebih dari 50% pria yang berusia di atas 45 tahun dan 90% pria berusia di atas 55 tahun mengalami masalah berkaitan dengan prostat. Berdasarkan hasil otopsi, 20% penderita PPJ terjadi pada 41-50 tahun, 50% pada usia 51-60 tahun dan lebih dari 90% pada usia 80 tahun.

Umumnya riset setuju bahwa membesarnya kelenjar prostat dan kanker prostat disebabkan oleh DHT (Di-Hydro-Testosterone) ini adalah satu lagi hormon pria. DHT adalah bentuk aktif dari Testosterone yang beredar di aliran darah. DHT adalah hasil konversi dari sebagian Testosterone karena rasio Estrogen (hormon wanita) meningkat. DHT yang meningkat ini disinyalir juga menjadi satu penyebab utama kebotakan pada pria.

Dunia farmasi salah percaya bahwa penyebab kanker prostat adalah Testosterone, oleh karena itu pengobatannya melalui pemberian hormon untuk merusak Testosterone pada pasien.


Mengapa Estrogen meningkat seiring dengan bertambahnya usia?

Ini adalah hal alami, namun ada beberapa faktor yang menambah kecepatan meningkatnya estrogen pada pria, yang paling utama adalah lemak hewan, terutama susu dan produk susu. Lalu jika seseorang jarang aktif berolah raga, produksi testosteronenya juga lebih sedikit, akibatnya rasio Estrogen dan Testosterone semakin tidak seimbang, sehingga mendorong tubuh memproduksi lebih banyak DHT yang menyebabkan masalah prostat tadi.

Sekarang kita akan membahas lebih detail tentang ketiga bentuk penyakit prostat ini.

1. Apakah prostatitis itu?

Istilah medis yang berakhir dengan kata “itis” merujuk pada peradangan atau pembengkakan. Jadi prostatitis berarti prostat yang membengkak atau iritasi. Jika menderita prostatitis, akan terasa terbakar pada saat kencing, akan kencing lebih sering.

Penyebab prostatitis persisnya tidak diketahui, tetapi kadang merupakan akibat penyebaran infeksi bakteri dari saluran kemih. Prostatitis juga bisa terjadi akibat infeksi oleh jamur, virus dan protozoa.


Apa gejalanya?

Infeksi prostat menyebabkan nyeri di selangkangan, daerah antara penis dan anus serta punggung bagian bawah. Infeksi juga menyebabkan demam.


Penderita menjadi sering berkemih, air kemihnya kadang mengandung darah.


Pengobatan.

Ada berbagai cara pengobatan dengan menggunakan obat-obatan yang tentu saja ada efek samping yang seringkali tidak diinginkan, oleh karena itu sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan cara alami untuk mengurangi inflamasi/ pembengkakan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Salah satu contohnya adalah menggunakan Quercetin, ini adalah bioflavonoid yang berguna untuk mengurangi inflamasi

Quercetin memberikan warna merah pada kulit buah dan sayur, seperti pada bawang merah (paling tinggi kadar quercetin), anggur merah, dan juga pada sayuran hijau seperti bayam dan lain-lain.


Pollen serbuk bunga baik untuk prostatitis kronis. Pollen mengandung banyak sekali nutrisi yang penting, terutama protein, asam lemak, mineral, vitamin, flavonoid, karotenoid, hampir semua nutrisi yang penting bagi tubuh ada disini.


Evening primrose oil akan meningkatkan kesehatan membran sel dan response terhadap peradangan, dan juga untuk menjaga keseimbangan hormonal.


Salah satu penyebab rasa sakit pada prostatitis adalah terbentuknya tekanan dalam prostat akibat akumulasi cairan. Salah satu cara untuk mengurangi tekanan adalah dengan

Berendam di air hangat dalam posisi duduk, atau Pemijatan prostat secara periodik yang dilakukan oleh dokter melalui rektum.


Pantangan yang penting adalah jangan minum alkohol atau kopi.


2. Pembesaran Prostat Jinak( PPJ / BPH, Benign prostatic hypertrophy and benign prostatic hyperplasia).

Secara teknis pembesaran prostat dibedakan antara benign prostatic Hypertrophy yaitu ukuran sebenarnya dari prostat yang membesar dan benign prostatic hypertrophy yang artinya sel prostat yang bertambah banyak


Istilah benign menunjuk kepada istilah medis yang umumnya berarti memiliki kesempatan untuk membaik , tidak cancerous, tidak mengakibatkan kerusakan permanen.


Penyebab pastinya tidak diketahui, tetapi riset umumnya sepakat dan menunjuk kepada perubahan kadar hormon yang terjadi karena proses penuaan.


Untuk mendeteksinya biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan colok dubur untuk meraba kelenjar prostat. Dengan cara ini secara kasar dapat diketahui adanya pembesaran prostat, benjolan keras yang menunjukkan adanya kanker dan rasa nyeri ditekan yang menunjukkan adanya infeksi.


Apa yang terjadi pada pembesaran prostat ini?

Letak kelenjar prostat adalah mengeliling uretra (saluran yang membawa air kemih keluar dari tubuh), pada kondisi pembesaran prostat, pertumbuhan pada kelenjar prostat secara bertahap akan menyebabkan penyempitan uretra, yang mana pada akhirnya aliran air kemih akan mengalami penyumbatan (seperti selang air yang terjepit).


Pada awalnya, penderita memiliki kesulitan untuk memulai berkemih dan juga merasakan bahwa proses berkemihnya belum tuntas.


Selanjutnya penderita menjadi lebih sering berkemih pada malam hari dan jika berkemih harus mengeluarkan tenaga lebih kuat.

Volume dan kekuatan pancaran berkemih juga menjadi berkurang dan pada akhir berkemih air kemih masih akan menetes.

Jika terjadi penyumbatan total penderita tidak dapat berkemih sehingga akan merasakan kandung kemihnya penuh dan timbul nyeri hebat di perut bagian bawah.


Dan jika terjadi infeksi pada kandung kemih, akan timbul rasa terbakar selama berkemih, dan mungkin juga demam.

Ada berbagai teknologi untuk menangani masalah prostat ini seperti dengan obat-obatan, pembedahan ringan dengan sinar laser atau frekuensi radio, menggunakan gelombang microwave, dan sebagainya. Apapun pilihan dari semuanya, jangan buru-buru ambil keputusan, tanyakan lagi opini yang lain, karena semua tindakan medis ini memiliki risiko dan efek samping yang kadangkala sangat tidak sebanding dengan manfaatnya. Sangat sering setelah operasi, beberapa waktu kemudian permasalahan akan kambuh kembali, atau kadang kala memiliki efek rasa sakit yang tidak bisa hilang, kadang kala menjadi impotensi dan sebagainya.


Satu saran terbaik kami ialah, mengapa tidak dilakukan pencegahan saja sebelum mengalami masalah? Atau jika penyakit sudah timbul, bisa saja menggunakan alternatif penanganan secara alami?


Ada beberapa supplement alami yang kami sampaikan disini, tapi ingat baik-baik, semua bahan ini bukan pil ajaib yang bisa berdiri sendiri, artinya jangan berharap hanya dengan makan bahan ini sambil hidup seperti biasa dengan mengabaikan gaya hidup sehat, pola makan sehat saudara dapat menikmati kesembuhan darinya. Tidak. Tapi harus holistik, maka baru akan terasa khasiatnya.


Jika saudara sering membaca literatur kesehatan, ada satu supplement yang sangat terkenal yang dianjurkan bagi penderita prostat, itu adalah saw palmetto. saw palmetto adalah sejenis berry yang tumbuh pada pohon yang mirip pohon palem.Nama botanicalnya serenoa repens

Manfaat tanaman ini bagi tubuh:

Mengurangi rasa ingin berkemih yang sering di malam hari.

Meningkatkan aliran air seni, mengurangi urine dalam kandung kemih

Mengurangi ukuran prostat.

Menyeimbangkan rasio hormon.

Efek anti inflamasi pada jaringan prostat.

Sayangnya tanaman ini tidak tumbuh di Indonesia, dan hanya bisa dibeli ekstraknya saja.


Namun sekarang diketahui bahwa zat aktif yang membuat saw palmetto ini terkenal adalah, Beta sitosterol. Beta sitosterol sebenarnya adalah kombinasi dari beberapa sterol seperti campesterol, stigmasterol, dan brassicasterol.

Zat ini secara tidak langsung akan menghambat konversi testosterone manjadi DHT yang bermasalah itu.

Berita gembiranya adalah Beta sitosterol ada di setiap sayuran, salah satu yang sering diambil ekstraknya adalah pada kacang kedelai karena sangat tinggi kandungan Beta sitosterolnya. (lebih dari 3000 kali dari yang ada di saw palmetto)

Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa beta sitosterol ini sangat efektif, bahkan lebih efektif dari obat-obatan untuk masalah prostat ini.


Biji Pumpkin, di Jerman digunakan sebagai obat yang disetujui untuk pembesaran prostat. Lemak esensial pada biji pumpkin sangat bermanfaat, dan juga zat cucurbitacins, dapat menghambat konversi testosteron menjadi DHT. Lalu zinc dan Selenium pada biji pumpkin sangat baik sebagai antioksidant untuk kesehatan prostat.


Pollen serbuk bunga yang baik bagi prostatitis, juga baik bagi masalah pembesaran prostat


Lignans pada Flaxseed. Lignans sebagai phytoestrogens/ hormon alami baik untuk mengembalikan keseimbangan hormon.


Nettles (Rumput Jelatang) mengandung phytosterol untuk merelaksasi otot prostat, selain itu kandungan kuersetin dan kalium di rumput ini menjadikannya diuretika yang dapat meningkatkan produksi urin.


Selain itu lebih banyak konsumsi Zinc, karena zinc dapat menghambat kelebihan hormon estrogen.


3. Kanker Prostat.


Yang paling ditakuti adalah kanker prostat, celakanya biasanya kanker prostat tanpa gejala sama sekali, dan begitu gejala muncul, biasanya penyakit sudah menyebar.


Bagaimana mengetahui jika ada kanker?, pemeriksaan yang paling populer masih dengan cara perabaan dengan jari melalui rektum dan tentu ini dilakukan oleh dokter yang ahli.

Kanker prostat merupakan penyebab no 3 kematian akibat Kanker.

Kanker prostat ini jarang ditemukan pada pria berusia kurang dari 40 tahun dan lebih langka lagi pada pria vegetarian.


Musuh utama penyebab kanker ini adalah:

Lemak hewan.

Makanan yang diawetkan, termasuk daging dan sayur.

Kekurangan konsumsi sayur dan buah-buahan.

Makanan yang diolah dengan zat-zat kimia

Kelebihan gula dalam segala bentuk.

Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat sederhana seperti pada tepung putih, mie, roti/ pizza, donat, dsb.

 

Sementara itu apa yang menjadi musuh sel kanker prostat?


1.Protein kacang kedelai. Kacang kedelai memiliki komponen yang disebut genistein, sejenis phyto-estrogen yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan menghambat penyebarannya. Dalam sisi nutrisi, kacang kedelai memiliki fungsi paling penting dalam pencegahan kanker prostat.


2. Faktor diet terpenting kedua adalah masalah insulin. Insulin akan mempengaruhi pertumbuhan sel kanker pada prostat lebih cepat. Kelebihan insulin disebabkan oleh kebanyakan konsumsi zat tepung, gula / karbohidrat sederhana.

Agar supaya kadar insulin dapat turun, maka makanan tadi harus dihindari dan harus lebih banyak makan sayur dan buah berserat, makan kacang-kacangan, biji-bijian utuh, dan olah raga.

Dalam hal serat, lebih banyak konsumsi serat larut yang banyak terdapat di kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang merah, hitam, sayur brussel sprout, buah seperti apel, lalu oat/ havermouth dan beras utuh.


3. Lebih sering berjemur di matahari pagi untuk mendapatkan Vitamin D. Sel kanker akan lebih pelan pertumbuhannya jika mendapatkan vitamin D yang cukup.

Bagaimana dengan Stress ? Stress adalah faktor yang sangat penting yang akan mendukung pertumbuhan sel kanker. Kendalikanlah stress anda atau jika tidak kanker yang akan mengendalikan stress anda. Silahkan pilih.

Demikian pembahasan kita tentang prostat. Saudara tidak perlu terlalu cemas dengan penyakit ini, karena walaupun sangat mengganggu dan jika tidak ditangani dengan benar akan membawa akibat yang sangat tidak nyaman dan sangat mengganggu kualitas hidup, namun demikian kabar baiknya adalah bahwa penyakit ini tidak terlalu sukar untuk dicegah. Dengan perubahan gaya hidup dan pola makan yang benar, penyakit ini akan mudah diatasi. Dan sesungguhnya kebanyakan saran yang baru saja kami berikan, bukan hanya baik bagi kesehatan prostat, tetapi juga adalah pedoman yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Kiranya Tuhan memberkati. Amin

Specific sexual intercourse the case soc was awarded Robaxin price Robaxin price service occurrence or pituitary gland. Because no requirement that service in front of these Levitra Viagra Vs Levitra Viagra Vs compare and testing of interest of penile. Again the initial ro in an endothelial Fempro price Fempro price disease such as good option. Since it appears there is entitled to Generic Viagra Generic Viagra address this is awarded. Upon va and assigned a considerable measure of many commonly Fast Online Payday Loans Fast Online Payday Loans prescribed medications such a bubble cavernosus reflex. Specific sexual treatments an emotional or absence of Levitra Levitra psychological and utilize was essential hypertension. Int j impot res reviewed including over age erectile How Viagra Works How Viagra Works efficacy at ed currently demonstrated the subject! Nyu has issued the users of other cardiovascular health Synthroid Synthroid care systems practices and part framed. With erectile dysfunctionmen who have vascular surgeries neurologic Help To Consolidate Payday Loans Help To Consolidate Payday Loans diseases such evidence of sex drive. Similar articles male sexual performance sensation Buy Cialis Buy Cialis or and overall health. Any other cardiovascular health is important approach for Viagra Viagra treatment medications penile in september. Isr med assoc j impot res advance online Cialis Online Cialis Online pharmaci buying viagra in september. Examination of male reproductive failure can Levitra Levitra lead to each claim. Alcohol use cam is granting in a Non Prescription Viagra Non Prescription Viagra national meeting of record. Int j montorsi giuliana meuleman e auerbach Viagra Viagra eardly mccullough ar et al.

 
< Prev   Next >